KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa, karena dengan semua karunia-Nya kami dapat
menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Makalah ini kami buat bertujuan untuk melengkapi tugas
Mata Kuliah MSDM II (PENGINTEGRASIAN ), selain itu makalah ini juaga bertujuan
supaya pembaca dapat mengetahui dan memahami secara jelas mengenai Pengintegrasian
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini tidak mungkin
dapat terselesaikan dengan baik tanpa adanya dorongan dan
bimbingan dari beberapa pihak. Ucapan terimakasih kepada
1.
Pak Untung Widodo SE,MM Selaku dosen
pembimbing Mata Kuliah Managemen
2.
Seluruh pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah
ini.
Demikian makalah ini kami susun, semoga dapat
bermanfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca pada umumnya. Saran
dan kritik yang membangun sangat kamiharapkan
demi kasempurnaan makalah ini.
Semarang, 21 November 2012
DAFTAR ISI
Hal
Halaman Judul
i
Kata pengantar ii
Daftar Isi iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 3
1.2 Tujuan 3
1.3 Rumusan Masalah 3
BAB II
ISI
2.1. Pengertian Pengintegrasian
4
2.2 .Hubungan antarmanusia 6
2.3 Pengertian motif dan
Motifasi 6
2.4 faktor-faktor Pengintegrasian 2
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan 3
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Indikator penginegrasian menciptakan
suatu hubangan kerja sama yang baik antara perusahan dengan karyawan sehingga
tercapinnya tujuan kebersamaan baik dari pihak Perusahan maupun Karyawan secara
Efektif dan efisien demi mewujudkan Visi dan Misi Perusahaan
1.2 Tujuan
A. Tujuan Umum Agar mahasiswa lebih memahami
tentang indikator Pengintegrasian.
B. Tujuan khusus
Ø Agar
Mahasiswa dapat menjelaskan definisi Pengintegrasian
Ø Agar
Mahasiswa dengan mudah menjelaskan mamfaat Pengintegrasian bagi Perusahan
Ø Agar
Mahasiswa dapat menjelaskan Faktor-Faktor Pengintegrasian
1.3 Rumusan
Masalah
Dari pemaparan
di atas dapat disimpulkan permasalahan yang ditimbulkan sbb:
A.
Apa pengertian pengintegrasian?
B.
Apa saja yang mendorong faktor-faktor pengintegrasian?
C.
Apa saja metode-metode pengintegrasian yang anda
ketahui?
BAB II
ISI
2.1 Pengertian Pengintegrasian
Integrasi berasal dari bahasa
inggris "integration" yang berarti kesempurnaan atau
keseluruhan, Sedangkan Integrasi di
tinjau dari kamus besar bahasa indonesia artinya yaitu : Pembauran hingga menjadi kesatuan yang utu
atau bulat. Jadi Pengintegrasian adalah Pembauran antar Perusahaan dan Karyawan
demi mencapai suatu kesempurnaan
organisasi yang secara utuh atau bulat.
Penginterasian
(Integrastion) ialah Fungsi oprassional Managemen personalia yang terpenting,
sulit dan kompeks untuk merealisasikan. Hal ini disebabkan karena
karyawan/Manusia bersifat Dinamis dan mempunyai pikiran,perasaan, harga
diri,sifat, serta membawah latar belakang,perilaku,keinginan, dan kebutuhan
yang berbeda-beda dalam organisasi perusahaan.
Karyawan
tidak dapat di perlakukan seenaknnya seperti menggunakan Faktor-Faktor Produksi
lainnya (Mesin,Modal,atau bahan baku). Karyawan juga harus diikut sertakan
dalam setiap kegiatan serta memberikan peran aktif untuk menggunakan alat-alat
yang ada. Karena tanpa peran aktif karyawan, alat-alat cangih yang dimiliki
tidak ada artinya bagi perusahaan untuk mencapi tujuannya. Tujuan perusahaan
hanya dapat dicapai jika para karyawan bergairah bekerja, mengarahkan
kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaan, serta berkeinginan untuk mencapi prestasi
kerja yang optimal. Jika karyawan kurang berprestasi maka sulit bagi organisasi
perusahaan dapat memperoleh hasil yang baik. Hal ini mengharuskan pemimpin
menggunakan kewenangannya untuk mengubah sikap dan perilaku karyawan supaya mau
bekerja giat serta berkeinginan mencapai hasil yang optimal.
Pengintegrasian
Adalah kegiatan menyatu padukan
keinginan karyawan dan seluruh kepentingan perusahaan, agar tercipta kerja sama yang baik antara perusahaan dan
karyawan serta menimbulkan dan memberikan memberikan rasa kepuasan dan puasan.
Usaha
pengintegrasian dilakukan melalui hubungan antara manusia (Human Relation),
Motivasi, kepemimpinan, kesepakatan kerja
bersama (KKB), dan Collectiv Bargaining.
Jadi pengintegrasian adalah hal yang
sangat penting dan merupakan salah satu kunci untuk mencapai hasi yang baik
bagi perusahaan maupun terhadap karyawan sehingga memberikan kepuasan kepada
semua pihak. Karyawan dapat memenuhi kebutuhannya dan perusahaan dapat tercapai
semua tujuan-tujuannya.
Tujuan
pengintegrasian.
Tujuan
pengintegrasian adalah memanfaatkan karyawan agar mereka bersedia bekerja keras
dan berpartisipasi aktif dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi serta terpenuhinya
kebutuhan karyawan. Dengan tercapainya tujuan dari organisasi, perusahan akan
mendapan laba yang besar dan terpenuhinya kebutuhan karyawan dalam perusahan
itu maka loyalitas karyawan akan tercipta.
Prinsip
pengintegrasian.
Prinsip
pengintegrasian adalah menciptakan kerja sama yang baik dan saling
menguntungkan. Jadi dalam prinsip ini perusahan dan karyawannya dituntut
berusaha agar bagaimana kerja sama yang baik harus benar-benar ada dalam
organisasi,dan dalam prinsip ini perusahan dan karyawannya akan saling
menguntungkan.
Metode
pengintegrasian.
Metode-metode
pengintegrasian yang kita kenal adalah sbb:
1) Hubungan
antar manusia (Human Relations)
2) Motivasi
(Motivation)
3) Kepemimpinan
(Leadership)
4) Kesepakatan
kerja bersama (KKB)
5) Collective
Bargaining
2.2 Hubungan
antara manusia.
Hubungan
antara manusia (Human Relation) adalah
kemanusiaan yang harmonis,tercipta atas kesadaran dan kesediaan melebur
keinginan Individu demi terpadunya kepentingan bersama. Tujuannaya adalah
menghasilkan integrasi yang cukup kukuh, mendorong kerja sama yang
produktif dan kreatif untuk mencapai sasaran bersama. Manajer dalam
menciptakan hubungan antar manusia yang harmonis memerlukan kecakapan dan keterampilan tentang
komunikasi, psikologi, sosiologi, antropologi, da etologi, sehingga dia
memahami serta dapat mengatasi masalah-masalah dalam hubungan kemanusiaan.
2.3 Pengertian Motif dan Motivasi
Motif adalah suatu perangsag keinginan (want) dan
daya penggerak kemauan bekerja seseorang. Setiap motif mempunyai tujuan
tertentu yang ingin dicapai (Penulis). Perbedaan pengertian keinginan (want)
dan kebutuhan (needs) adalah keinginan (want) dari setiap orang berbeda karena
dipengaruhi oleh selera, latar belakang dan lingkungannya, sedangkan kebutuhan
(needs) semua orang adalah sama.
Keterangan
1. Perangsang
berbentuk materiil atau nonmateriil yang tercipta oleh internal (keinginan)
maupun eksternal yang dilakukan oleh manajer.
2. Rangsangan
yang menciptakan keinginan (want) dan mempengaruhi perilaku seseorang (individu)
3. Keinginan
menjadi daya penggerak dan kemauan bekerja seseorang (individu)
4. Kemauan
bekerja menghasilkan pemenuhan kebutuhan dan kepuasan seseorang.
5. Kebutuhan dan kepuasan mendorong menciptakan
perangsang selanjutnya dan seterusnya, jadi merupakan siklus.
Motivasi berasal dari kata latin movere yang berartin
dorongan atau menggerakkan. Motivasi (motivation) dalam manajemen hanya
ditujukan pada sumber daya manusia umumnya dan bawahan khususnya. Motivasi
mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau
bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang
telah ditentukan.
Pentingnya motivasi karena motivasi adalah hal yang
menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia, supaya mau bekerja giat
dan antusias mencapai hasil yang optimal.Motivasi semakin penting karena
manajer membagikan pekerjaan pada
bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terintegrasi kepada tujuan yang diinginkan.
Perterson dan Plowman mengatakan bahwa orang mau bekerja karena faktorfaktor berikut :
bawahannya untuk dikerjakan dengan baik dan terintegrasi kepada tujuan yang diinginkan.
Perterson dan Plowman mengatakan bahwa orang mau bekerja karena faktorfaktor berikut :
A.
The
desire to live (keinginan untuk hidup)
B.
The
desire for position (keinginan untuk suatu posisi)
C.
The
desire for power (keinginan akan kekuasaan).
D.
The
desire for recognation (keinginan akan pengakuan)
Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri
seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dng
tujuan tertentu.
usaha yg dapat menyebabkan seseorang atau
kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan
yg dikehendakinya atau mendapat kepuasan deng perbuatannya
pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja
seseorang agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan
segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan.
Faktor-Faktor Pengintegrasian
A. Faktor Internal :
- Kesadaran diri sebagai karyawan
- Tuntutan kebutuhan
- Jiwa dan semangat gotong royong di dalam perusahaan
B. Faktor External :
- Tuntutan perkembangan zaman
- Terbukanya kesempatan berpartisipasi dalam pekerjaan bersama
- Persaman visi, misi, dan tujuan
- Sikap toleransi
- Adanya tantangan dari luar
C. Homogenitas Kelompok
Dalam karyawan yang kemajemukannya rendah,
integrasi perusahaan akan mudah dicapai
D. Besar Kecilnya Kelompok
Dalam kelompok kecil integrasinya lebih
mudah.
C. Mobilitas Geografis
adaptasi sangat diperlukan mempercepat
integrasi.
D. Efektivitas Komunikasi
Komunikasi yang efektif akan mempercepat
integrasi.
BAB III
PENUTUP
Demikian yang
dapat kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah
ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya
pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan
judul makalah ini.Kami banyak berharap para pembaca yang budiman bisa memberikan kritik dan saran yang membangun
kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan dan penulisan makalah di
kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada
khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya.
Kesimpulan.
Pengintergarsian memanglah merupakan
satu hal penting dari sekian banyak hal penting dalam sebuah organisasi atau
perusahaan.dimana dalam pengintgresian pasti terjadinya proses saling membutukan
,saling memuaskan,saling menguntukan.
Dengan prinsip,tujuan dan
metode-metode yang ada dalam pengintegrasian karyawan akan memberikan yang
etrbaik bagi perusahannya.Karyawan akan bekerja dengan secara akibat juga
dipengaruhi oleh faktor-faktor motivasi dari perusahaan.lain kata perusahan
memberikan dorongan agar supaya karyawannya mau bekerja secara loyal untuk
mencapai tujuan-tujuan perusahan
Di
samping itu umpan balik dilakukan oleh perusahan terhadap karyawanya dengan
cara pemenuhan kebutuhan bagi karyawan. Jadi kebutuhan karyawan terpenuhi dan
tujuan – tujuan perusahaan tercapai akan menimbulkan dapmpak saling menguntukan
antara perusahan dengan karyawannya
DARTAR PUSTAKA
http://kamusbahasaindonesia.org/motivasi#ixzz2DLEF5AXI
http://id.wikipedia.org/wiki/Integrasi_sosial
2012 google.com
http://kamusbahasaindonesia.org/
2012 google.com
Kamus
besar bahasa indonesia.
Modul
MSDM oleh James Manopo SE. MM
Modul
MSDM II oleh Untung widodo SE. MM.